Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2011

Efektifkah proses belajar-mengajar dengan metode diskusi kelompok?

John Dewey memandang anak sebagai pelajar aktif (active learn). Dewey  percaya bahwa anak-anak akan belajar dengan lebih baik jika mereka aktif (Santrock J.W).
Sekolah, salah seorang guru suka memberikan tugas kelompok. Pertamanya guru saya mengajar dengan metode ceramah. Tapi, murid-muridnya susah untuk memahami materi yang diberikan. Jadi, guru saya ini suka mengulang-ulang materi yang sudah disampaikan. Karena kami banyak yang gak mengerti materinya. Dan guru saya merasa lelah kerena harus mengulang-ulang materi. Guru saya hanya menyakini bahwa “muridnya akan memahami dan mengerti materi jika muridnya duduk diam dikursinya dan mendengarkan penjelasan materi secara pasif dan sopan” (Santrock J.W). Guru saya pun merubah metode mengajarnya dengan metode diskusi kelompok. Dimana, muridnya lebih banyak aktif dari sebelumnya. Kami jadi lebih sering presentasi dan diskusi di dalam kelas.
Waktu diskusi kelompok, kalau ada yang tidak mengerti materi-materi yang akan dibahas. Murid yang lainn…

SEBUAH JAWABAN

Aku terus berjalan dan pandanganku lurus kedepan. Pikiranku kosong, semuanya aku lewati begitu saja. Tidak ada yang dapat menarik perhatianku. Hingga akhirnya, kakiku tidak mau melangkah lagi. Sulit bagiku melangkahkan kakiku. Aku tersentak kaget, melihatnya. Gak seharusnya aku melihatnya. Kakiku semakin tidak mau melangkah. Kurasakan kakiku mulai mati rasa. Aku perhatikan setiap langkahnya. Semakin jauh dariku. Tapi, kakiku tidak juga mau melangkah. Ingin rasanya, aku mengikutinya. Ingin rasanya, aku mengetahui kegiatan sehari-harinya. Dia adalah Ibuku. Ibu yang tidak mau mengakuiku. Bahkan, dia tidak tahu aku ini anaknya. Setiap kali aku ketemu dengannya. Kakiku seperti mati rasa. Tidak bisa digerakkan sama sekali. Aku tidak bisa benci padanya. Malah, aku ingin dia tahu aku ini anaknya. Aku ingin memanggilnya Ibu. Ingin rasanya aku memeluknya. Dari aku lahir, aku tidak pernah merasakan pelukannya, kehangatannya, kasih sayangnya. Aku ingin sekali merasakan punya ibu. Ibu yang selalu …

kata-kata

blogny udh slesai..
hello.. hello..