Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2011

Efektifkah saran yang diberikan untuk pusat pembelajaran?

Seatwork adalah menyuruh semua murid atau sebagian besar murid untuk belajar sendiri-sendiri dibangku mereka. Pendekatan ini digunakan oleh guru dengan cara yang berbeda-beda. Belajar sendiri bukan hanya dilakukan di kelas. tapi, bisa juga di rumah. Salah satu saran yang diberikan untuk pusat pembelajaran adalah pusat menulis. Pusat menulis bisa menjadi alternative yang baik untuk belajar.
Seperti yang saya alami. Sewaktu saya masih Sekolah Dasar. Guru bahasa Indonesia saya suka sekali menyuruh murid-muridnya untuk membuat karangan yang berbentuk cerita. Awalnya, saya tidak tahu bagaimana membuat karangan yang berbentuk cerita.  Dan sebelumnya kami tidak diberitahukan bagaimana membuat cerita yang benar.  Karena takut tidak mengerjakan tugas. Saya pun membuat cerita yang saya pun tidak tahu apa isi cerita tersebut. Saya membuat cerita berdasarkan apa yang saya alami. Meranjak dari Sekolah Dasar.
Sewaktu saya di Sekolah Menengah Pertama yang biasanya di kenal dengan SMP. Guru bahasa Ind…

PENDAPAT MENGENAI PENGGUNAAN BLOG DAN E-MAIL

Liliyana Sari ( 10-029 ) Khairunnisah ( 10-101 ) Efrianty Shaila (10-119 )
Pendapat kelompok kami tentang penggunaan blog dan e-mail dikaji dari Psikologi Pendidikan dan fenomena-fenomena di Indonesia, Medan khususnya yaitu :
Dunia pendidikan saat ini tidak dapat dilepaskan dari peranan teknologi, terutama internet. Kita pun dituntut untuk mampu dalam menggunakan berbagai teknologi ini. Dengan internet, siswa atau mahasiswa lebih dipermudah untuk mencari tahu dan memahami pelajaran atau materi yang diajarkan di kelas.
Penggunaan internet itu bisa mencakup penggunaan blog dan e-mail, seperti yang diterapkan dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan. Penggunaan blog, menurut kami sangat membantu kami untuk mengeksplorasi dunia internet lebih jauh. Mungkin dulu kami tidak pernah menggunakan, bahkan mengetahui apa itu blog, tapi di mata kuliah Psikologi Pendidikan, kami diperkenalkan dengan dunia blog. Sehingga ini menjadi pengalaman dan suasana baru yang kami dapatkan dalam proses belajar-meng…

Bagaimanakah Penggunaan E-mail didalam Kelas?

E-mail adalah singkatan dari electronic mail. E-mail bisa mengirim pesan dan juga menerima pesan dari orang lain. Bukan hanya itu, e-mail juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. E-mail juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang pemalu yang mudah gugup dan cenderung menghindari komunikasi tatap muka dengan orang lain. (John W. Santrock)
Di sekolah adik saya sudah menerapkan penggunaan e-mail. Apalagi saat proses belajar didalam kelas. Disitu, adik saya diberi wawasan dan pengetahuan yang lebih. Dimana adik saya bisa berbagi dan bertukar ilmu pengetahuan diantara sesama murid. E-mail bukan hanya digunakan adik saya untuk mengirim dan menerima tugas saja. Tapi, juga digunakan untuk komunikasi antara sesama murid yang ada diluar sekolah adik saya maupun diluar negeri.
Kebanyakan guru – guru adik saya memberikan tugas dari e-mail dan mengumpulkannya juga dari e-mail. Adik saya bilang, terkadang didalam proses belajar didalam kelas materi – materi yang dipelajari lebih mud…