Minggu, 13 Februari 2011

PENDAPAT MENGENAI PENGGUNAAN BLOG DAN E-MAIL


Efrianty Shaila (10-119 )

Pendapat kelompok kami tentang penggunaan blog dan e-mail dikaji dari Psikologi Pendidikan dan fenomena-fenomena di Indonesia, Medan khususnya yaitu :

Dunia pendidikan saat ini tidak dapat dilepaskan dari peranan teknologi, terutama internet. Kita pun dituntut untuk mampu dalam menggunakan berbagai teknologi ini. Dengan internet, siswa atau mahasiswa lebih dipermudah untuk mencari tahu dan memahami pelajaran atau materi yang diajarkan di kelas.

Penggunaan internet itu bisa mencakup penggunaan blog dan e-mail, seperti yang diterapkan dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan. Penggunaan blog, menurut kami sangat membantu kami untuk mengeksplorasi dunia internet lebih jauh. Mungkin dulu kami tidak pernah menggunakan, bahkan mengetahui apa itu blog, tapi di mata kuliah Psikologi Pendidikan, kami diperkenalkan dengan dunia blog. Sehingga ini menjadi pengalaman dan suasana baru yang kami dapatkan dalam proses belajar-mengajar. Kreativitas kami dituntut dalam mengolah blog masing-masing. Kami pun dapat dengan mudah untuk memposting tugas yang diberikan dosen tanpa harus mengeprint dan menyerahkannya langsung pada dosen yang bersangkutan. Kegiatan ini membantu mencegah global warming karena menghemat penggunaan kertas. Selain untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen, melalui blog juga dapat membantu orang lain yang ingin memperoleh informasi. Orang dapat membaca blog kita dan memperoleh informasi dari apa yang telah kita buat. Blog juga dapat digunakan sebagai sarana diskusi. Jadi, walaupun tidak bertemu secara langsung dan berada di tempat yang berbeda, kita dapat berdiskusi kapan saja.

Sedangkan penggunaan e-mail juga sangat membantu kami. Selain karena lebih praktis, e-mail dirasa juga lebih memudahkan dosen dalam pengiriman bahan mata kuliah. Terutama apabila dosen tidak dapat hadir, dosen dapat mengirimkan bahan mata kuliah melalui e-mail saja. Selain itu file yang tersimpan di inbox email tidak mudah hilang sehingga kita dapat membukanya kembali kapan saja.

Menggunakan blog dan email juga menghemat biaya. Dengan biaya yang murah, kita telah dapat mengakses apapun dengan cepat. Cukup menguntungkan bagi kami.

Namun ditinjau dari fenomena dunia pendidikan di Indonesia, penggunaan internet dalam proses belajar-mengajar dirasa masih belum merata penyebarannya. Karena masih banyak sekolah yang belum bisa menggunakan internet sebagai alat bantu pembelajaran. Hal tersebut biasanya terjadi pada sekolah di pedalaman dan sekolah yang tidak memiliki biaya untuk mewujudkan proses belajar-mengajar seperti yang ada di kota-kota besar. Sehingga kadang muncul ketimpangan sosial antara sekolah pedalaman dan sekolah kota.

Penggunaan blog dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan itu sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh E.L.Thorndike yaitu : salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak. Dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan, setiap mahasiswa diharuskan membuat satu permasalahan dari materi yang akan dipelajari dan membahasnya secara sederhana. Sehingga secara tidak langsung, penalaran kami sangat diharuskan untuk aktif.

Sumber : Santrock, J. W. 2010. Psikologi Pendidikan edisi kedua. Kencana : Jakarta
               Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta : Bandung

Tidak ada komentar: