Senin, 23 September 2013

HASIL DISKUSI TEORI GESTALT

Kelompok :
Riri Amalia                10-003
Tika Ramadhani       10-018
Indah Kartika           10-108
Efrianty Shaila          10-119

Teori Gestalt

    Bedasarkan hasil diskusi kelompok kami mengenai empat asumsi dasar dari teori Gestalt, kami mendapatkan bahwa : 
(1) Yang mestinya dipelajari ialah perilaku moral, bukan molecular. Jadi dalam kuliah online yang dinilai itu bukannya jawaban peserta saja tapi kinerja peserta dalam kuliah online dalam mengikuti proses kuliahnya. Misalhnya kinerja bagaimana menyusun jawaban sehingga menjadi jawaban yang mudah dipahami kemudian mengetik dengan penulisan yang baik dan seberapa lama ia menjawab pertanyaan-pertanyaan. 
(2) Organisme merespon keseluruhan sensori-sensori yang tersegregasi, ketimbang pada stimuli spesifik atau kejadian-kejadian  yang terpisah atau independen. Jadi dalam kuliah online, peserta tidak hanya merespon pada stimulus berupa pertanyaan  yang harus dijawab. Tapi peserta merespon semua stimulus terkait, misalnya fasilitas internet dengan merespon stimulus tersebut mungkin kita akan mendapatkan jawaban yang tepat dengan mencari referensi lain misalnya menggunakan google. 
(3) Individu memahami aspek dari lingkungan sebagai organisasi stimuli, dan merespon berdasarkan persepsi tersebut. Misalnya, dalam kuliah online melihat teman-teman menjawab pertanyaan dengan cepat dan langsung di feedback. Dengan melihat seperti ini peserta akan mempersepsikan bahwa kuliah kita cepat jawab pasti di feedback sehingga peserta juga akan terdorong untuk menjawab dengan cepat agar bisa di feedback
(4) Organisasi lingkungan sensori adalah interaksi dinamis dari kekuatan-kekuatan di dalam struktur yang mempengaruhi persepsi individu. Misalnya, dalam mempersepsikan tentang kuliah online. Ada peserta yang menganggap kuliah online menyenangkan. Karena bisa santai, bisa mendapat referensu dan sambil istirahat di rumah. Mungkin hal ini karena peserta tersebut memiliki fasilitas yang lengkap sehingga mudah baginya melakukan kuliah online. Namun, bagi peserta yang mungkin harus ke warnet atau memiliki kesibukan lain, tentu ia mempersepsikan hal yang berbeda mengenai kuliah online. Karena persepsi kita dipengaruhi oleh apa yang terjadi pada kita.


Tidak ada komentar: