KOMENTAR PERKULIAHAN 08 MARET 2011

Johari windows atau Jendela Johari mencerminkan bagaimana kita mengenal diri kita dan orang lain. Dalam perkuliahan tanggal 08 Maret 2011, kami diminta oleh dosen pengampu untuk mendeskripsikan teman-teman. Setelah membuat deskripsinya, kami bersama-sama mengevaluasinya. Lalu, kami diminta untuk menghubungkan dengan teori-teori yang ada. Sebenarnya, bagian ini yang lumayan sulit bagi saya. Karena, teori kognitif lumayan banyak.

Saya lebih menggunakan teori Piaget untuk mendeskripsikan teman-teman dan mengetahui apa yang teman deskripsikan tentang saya. Piaget mengatakan ada dua proses yang bertanggung jawab atas cara anak menggunakan dan beradaptasi, yaitu: Asimilasi dan Akomodasi.

Asimilasi adalah suatu proses mental yang terjadi ketika seorang anak memasukkan pengetahuan baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada. Asimilasi itu proses pengamatan. Dimana, kita mengamati sesuatu dan informasi yang kita dapat itu, kita masukkan kedalam pikiran kita. Lalu, kita bisa menilainya. Ini lebih kepada kita yang menilai teman kita.
Akomodasi adalah suatu proses mental yang terjadi ketika anak menyesuaikan diri dengan informasi baru. Akomodasi itu proses menyesuaikan diri. Setelah kita menilai orang dan orang itu juga menilai kita. Di akomodasi ini, kita menyesuaikannya. Kalau kita salah menilai teman kita, kita rubah penilaian kita terhadap dia. Tapi, jika teman kita yang salah menilai kita, kitalah yang menyesuaikan diri kita sama teman kita.

Motivasi saya untuk melakukan deskripsi tersebut adalah karena saya ingin berhubungan dengan orang lain secara aman dan lebih akrab. Seperti teori Perspektif Sosial yang Kebutuhan Afilasi atau Keterhubungan. Kebutuhan afilasi atau keterhubungan adalah motif untuk berhubungan dengan orang lain secara aman. Saya termotivasi untuk lebih akrab dan dekat dengan teman. Jadi, saya memberikan penilaian terlebih dahulu lalu saya menyesuaikannya agar saya lebih bisa akrab dengannya. Dan itu bisa membantu saya lebih mengenal diri saya dan orang lain.

Sumber : Santrock, J.W. 2010. Psikologi Pendidikan edisi kedua.Jakarta: Kencana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Hasil Wawancara Terhadap Guru

HASIL DISKUSI TEORI GESTALT

Apakah Strategi Guru tentang Gaya Mendalam/Dangkal dalam Dikotomi Gaya Belajar dan Berpikir Dapat Meningkatkan Kemampuan?